Kenali 6 Jenis Jerawat Sebelum Mengatasinya

Written By

Mengenai jenis jerawat, kebanyakan orang hanya tau dua jenis yaitu jerawat batu dan jerawat biasa. Jerawat batu biasanya lebih keras dan lebih bertahan lama walaupun tidak menimbulkan rasa yang terlalu sakit seperti jerawat biasa. Namun ternyata ada 6 macam jerawat yang mungkin menyerang kulit anda, berikut informasinya.

Jenis Jerawat

Jenis jenis Jerawat

Kenali enam jenis jerawat berikut ini sebelum anda mengatasinya!

  • Jenis Jerawat Papula dan Pustula
    Pertama adalah jerawat papula yaitu jerawat dengan benjolan merah. Jerawat ini merupakan yang paling sering diderita oleh banyak orang. Jerawat ini bentuknya seperti gundukan merah yang juga merupakan peradangan sehingga biasanya menimbulkan rasa sakit seperti memar di wajah penderitanya. Jerawat papula ini merupakan buah dari komedo yang tidak diobati. Jika tidak diobati, fase jerawat papula ini akan meningkat menjadi jerawat pustula atau jerawat dengan benjolan putih di puncaknya. Puncak putih tersebut merupakan sel darah putih yang bergerak ke permukaan kulit karena peradangan sebagai bentuk perlawanan terhadap infeksi. Biasanya pada fase inilah orang nekat memencet jerawat yang pada akhirnya akan meninggalkan bekas.
  • Jenis Jerawat Nodul dan Kista
    Jenis jerawat nodul dan kista merupakan jerawat yang lebih parah daripada jerawat papula dan jerawat pustula sebelumnya. Pada jerawat jenis ini, ketika peradangan terjadi dan folikel meletus dibawah kulit. Jerawat yang merupakan kista yang tumbuh dibawah lapisan kulit ini adalah jerawat yang berbahaya dan akan menimbulkan rasa yang sangat sakit jika disentuh. Jika anda mengalami jerawat seperti ini, sebaiknya langsung berkonsultasi pada dokter kulit.
  • Jenis Jerawat Conglobat dan Fulminas
    Jerawat conglobata biasanya menyerang laki-laki dan perempuan berumur 18-30 tahun, yaitu berberapa tonjolan jerawat noda dan kista yang meradang dan saling menyambung, biasanya terjadi di wajah, punggung, dada, pantat, paha dan lengan atas. Jenis jerawat yang terakhir adalah jerawat fulminas yang merupakan fase lanjutan dari jerawat conglobata.

Jika jerawat anda sudah mencapai jerawat conglobata dan anda tidak mengobatinya, kemungkinan anda akan mengalami fase jerawat terparah satu ini. Bukan hanya pada wajah, efek yang bisa ditimbulkan jerawat fulmina bisa sampai pembengkakan kelenjar getah bening di leher, peradangan pada sendi, kekakuan otot bahkan penurunan berat badan yang ekstrim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *