Beberapa Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Anda Hindari

Written By

Selain dari kulit muka yang tidak bersih, penyebab lain munculnya jerawat di wajah seseorang adalah karena makanan yang dikonsumsi orang tersebut. Ada banyak cara menghilangkan jerawat maupun cara menghilangkan bekas jerawat, namun sebaiknya anda mengetahui & mempelajari penyebab jerawat dan menghindarinya.

Makanan Penyebab Jerawat

Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat tumbuh karena produksi minyak yang berlebih di wajah, sehingga bisa dipastikan bahwa makanan penyebab jerawat yang paling utama adalah makanan berminyak. Ketika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, maka gula darah dalam tubuh akan berfluktuatif dan meningkatkan hormon cascading. Hormon ini dapat menyebabkan kulit wajah memproduksi minyak berlebih yang akan menutup pori-pori dan pada akhirnya menyebabkan tumbuhnya jerawat. Bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi lemak, lemak tetap dibutuhkan tubuh, hanya saja diusahakan agar tidak terlalu sering mengonsumsi lemak agar asupan gizi dalam tubuh kita juga seimbang.

Makanan penyebab jerawat yang kedua adalah dairy product atau produk susu. Sebenarnya jenis makanan satu ini masih sekelompok dengan makanan berlemak, kita tahu bahwa susu memang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Produk susu yang dimaksud antara lain adalah yoghurt, keju, cokelat dan es krim. Lagi-lagi, bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi semuanya, namun mengkonsumsinya secara wajar.

Selain makanan berlemak, makanan lain yang bisa menumbuhkan jerawat adalah makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Terutama adalah gula pasir, konsumsi gula berlebih akan menyebabkan kadar gula darah meningkat, dan lagi-lagi memicu kulit wajah memproduksi lemak lebih banyak. Selanjutnya makanan penyebab jerawat yang terakhir adalah kafein. Kafein bisa terdapat pada kopi, teh, obat penghilang rasa sakit, minuman berenergi dan soda. Hal ini karena kafein membuat tidur anda tidak nyenyak dan akan menimbulkan stress, yang kemudian bisa memicu jerawat.

Jika makanan-makanan diatas adalah makanan favorit anda, tidak perlu khawatir dan berusaha menghentikan konsumsi kesemuanya. Sekali lagi, anda boleh saja mengkonsumsinya asalkan dalam jumlah yang wajar. Anda juga bisa menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi makanan-makanan pencegah jerawat seperti teh hijau yang bisa mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh, dark coklat yang mengandung antioksidan tinggi, minyak zaitun yang mengandung asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh dan timun yang mengandung astringen yang menyejukkan dan membuang racun-racun yang menyumbat pori-pori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *